2D Vs 3D

Sabtu, 18 Mei 2013

Game merupakan sebuah karya dari ilmu Grafik Komputer yaitu ilmu yang mempelajari tentang warna, rendering, geometri, animasi dan citra. Maka kita perlu untuk mempelajari apa itu Grafik Komputer.

Grafik Komputer adalah adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak. Istilah ”Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.

Sekarang kita masuk tentang game 2D dan game 3D

Perbedaan game 2D dan 3D yang paling mencolok adalah bagian yang dapat dilihat oleh manusia terhadap pihak pertama(objek yang dimainkan). 

Dari sudut pandang matematika :


game merupakan kumpulan dari objek, objek ini ada yang 2D dan 3D. Nah, matematika mempunyai sudut pandang tentang dimensi.

1. Dua Dimensi
2D adalah objek yang diwakili oleh 2 sumbu, yaitu sumbu x dan y, dimana koordinat dari sumbu x dan y yaitu bagian panjang dan lebar, sehingga bentuk dari dimensi ini hanya bisa dilihat dari suatu sudut saja. 
2. Tiga Dimensi
Tiga Dimensi adalah objek yang diwakili oleh 3 sumbu, yaitu x, y dan z. simbol tersebut mewakili kerangka objek yaitu panjang, lebar dan tinggi. Sehingga objek tersebut dapat dilihat dari bagian samping kiri/kanan, serta dari depan/belakang.
Secara harfiah
1. Grafik komputer 2 dimensi disebut juga 2D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi merupakan teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x(horizontal/datar) dan sumbu y(vertika/tegak). Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.

2. Grafik komputer 3 dimensi(3D) merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang(koordinat x), lebar(koordinat y), dan tinggi(koordinat z) koordinat yang saling tegak lurus dengan x. 3D adalah hasil representasi dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya 2D. 3D biasanya memerlukan kemampuan yang cukup/besar dari sebuah Grafis video card(VGA). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam vga itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.  

Cukup sekian pembahasan saya
Sumber : http://dapeleon.blogspot.com/2013/05/perkembangan-dan-perbandingan-game-2d-3d.html 
http://thearczoro.blogspot.com/2013/05/perbandingan-game-2d-dan-game-3d.html

0 komentar:

Posting Komentar