Genre game

Senin, 20 Mei 2013

Genre game merupakan jenis game dari suatu game. Genre game memberikan gambaran seperti apa game tersebut dan setiap genre mempunyai fans masing masing.

Ganre game tersebut seperti berikut :

Advanture game

Game jenis ini membuat playernya untuk memecahkan teka-teki game dengan berinteraksi dengan orang yang berada di sekitarnya.

1. Graphical Adventure Game merupakan permainan yang mengarahkan  mouse untuk player dapat menggerakkan ikon tangan (hand) ke sebuah tali dan meng-kliknya untuk mengambil tali tersebut. Contoh dari genre ini adalah FarCry, Prince of persia, harvest moon series.

2.  Interactive Movie Game, mempunyai full-motion cartoons atau rangkaian live action dari karakter yang dimainkan oleh player. Contoh dari genre ini termasuk Dragon’s Lair, Space Ace dan Night Trap.

Action Game

Genre ini memerlukan kecepatan aksi dari pemainnya

1. Survival Horror Game, game ini berusaha membuat player menjadi tegang dan takut dengan elemen-elemen horor serta bergerak cepat dalam menghadapi musuhnya. Contoh dari genre ini termasuk Resident Evil series dan Alone in the Dark.

2.  Fighting Game adalah game model pertarungan dua player dengan jurus-jurus yang bida dikeluarkan dengan menekan beberapa tombol pada keyboard/joystik. Contoh dari genre ini termasuk Street Fighter II dan Tekken series.

Shooter

genre ini bermain dengan kecepatan player dan penuh dengan senjata-senjata.

1. First-Person Shooter(FPS) merupakan game yang banyak melakukan shooting dan combat dari perspektif langsung dari mata karakter, bertujuan untuk memberikan player sedang beraksidi tempat itu dan bisa fokus saat menembak serta sedikit berinteraksi dengan team(kalau berteam). Contoh game ini seperti Snipper Ghost Warior, Battlefield series, Call Of Duty series dan lain sebagainya.

2. Massively multiplayer online fps biasa disingkat MOFPS yang mengombinasikan gameplay fps dengan dunia virtual yang banyak player juga ikut bermain melalui internet. Contoh dari genre ini adalah Counter Strike Online.

3. Tactical shooter jenis ini cukup bervariasi antara FPSs atau TPSs. Genre ini lebih memainkan perencanaan dan kerja sama tim untuk memenangkan game. Contoh dari genre ini termasuk Tom Clancy’s Ghost Recon series.

Strategy Game

Genre ini membuat pemainnya berpikir keras dalam membuat strategy dalam bermain.

1. Tactical Game. Game ini membuat player harus menggunakan bermacam-macam taktik dan strategi untuk mencapai kemenangan. Contoh dari genre ini adalah termasuk Warhammer: Dark Omen.

2. Real-time strategy(RTS). Game ini melakukan action dilakukan dalam waktu yang bersamaan oleh masing-masing pihak dengan membuat startegy sebelumnya. Contoh dari genre rts seperti RON ( Rise of Nation), Stronghold, Rise Of Nation dan lain sebagainya.

Role-Playing Game

Game ini membuat pemain memainkan karakter untuk berpetualang dengan skill combat dalam game. Ciri game ini mempunyai equip.

1. Action Role-Playing, genre yang menggambungkan unsur action game dan action-adventure game. Contoh dari genre ini termasuk Diablo 1 & 2 dan Fable series.

Vehicle Simulation Game
 
Genre ini juga merupakan simulasi yang berusaha memberikan player sebuah pengalaman realistik mengendarai kendaraan-kendaraan tertentu.

1. Train Game merupakan genre yang melakukan simulasi yang berhubungan dengan transportasi kereta atau railway transport. Contoh dari genre ini termasuk Rail Simulator.

2.  Racing Game menempatkan player sebagai driver dari sebuah mobil dan umumnya melakukan kompetisi balapan. Contoh dari genre ini termasuk Need For Speed (NFS) series, Burnuot dan masih banyak lagi.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Genre_permainan_video
http://www.omdading.com/2012/02/macam-macam-genre-game.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Shooter_game

0 komentar:

Posting Komentar