Game Engine

Senin, 20 Mei 2013

Game Engine merupakan aplikasi untuk membuat game. Seperti membuat map, navigation, objek sampai AI. Vendor game ini cukup banyak, serta hasil gamenya pun beragam. Karena hasil game juga tergantung dari pembuat gamenya.

Kita mulai saja berbagai game engine sampai saat ini. Cekibrot

1. IW Engine
Game engine satu ini merupakan buatan Infinity Wizar merupakan pengembang Call of Duty : Modern Warfare series. Walaupun Call Of Duty yang pertama dibuat dengan ID Tech Engine, developer membuat sebuah GE tanpa nama resmi ini, yang diadaptasi dari ID Tech 3. Kelebihan utama GE ini adalah animasi dan pencahayaan yang fenomenal, juga dengan AI kompleks yang cerdas dan depth of field.

2. Cry Engine

Cry Engine adalah salah satu game engine yang dikeluarkan oleh Crytek, German. Game engine ini juga sempat menghebohkan dunia game pada tahun 2004. Beberapa contoh game yang dibuat dengan menggunakan software ini adalah Crysis, Crysis War Head, Crysis 2, FarCry, Alion : Tower of Eternity, dan masih banyak lagi.

Keunggulan dari Cry Engine ini sendiri adalah tidak perlu menggunakan spek yang dewa untuk menjalankan game-game yang dibuat dengan software ini, pencahayaannya cukup bagus dan AInya keren.

3. Unreal Engine
Epic Game menciptakan game Unreal yang dikembangkan Epic Game. Selanjutnya game bernuansa Stealth Deus Ex (2000). Generasi pertama Game Engine ini menunjukkan dunia yang gelap dan kelam. Tetapi, Unreal Engine 3 mengalami revolusi yang membuatnya menjadi GE yang menghasilkan Framerate stabil, Kualitas Grafis yang mantap, Dynamic Shadows, HDRR (High Dynamic Range Rendering), Depth of Field, dan penggunaan DX 11 secara maksimal. Semua game dengan Engine ini memang mengagumkan, dan nyaris semua bertema kelam, karena GE ini memang mengutamakan di Shadows.

4. Unity
Unity merupakan game engine yang cukup bagus untuk membuat game. Membuat objek atau karakter bisa menggunakan cukup banyak software pendukung. Sedangkan untuk pemrogramannya menggunakan bahasa C/C++ serta mendukung C#, Javascript dan Boo.
Unity dapat menciptakan game untuk platform pc, android, mac dan xbox seperti Game Engine yang sebelumnya sudah saya bahas.
 
Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/512b46ee572acffa0f000004/hotcryengine-3-game-engine-terbaik-dan-gratis-100/
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine

0 komentar:

Posting Komentar